Header Ads

Menyemai Ukhuwah dengan Dauroh Tarqiyah

Dalam rangka peningkatan ruhiyah kader, Bidang Pembinaan Kader DPD PKS Kabupaten Lumajang menyelenggarakan Dauroh Tarqiyah pada Hari Ahad, tanggal 27 November 2011 kemarin bertempat di Desa Tukum Kecamatan Tekung Lumajang. Acara ini di mulai jam 08.00 dengan sampai dengan pukul 14.30 WIB.

Acara yang diikuti oleh sekitar 30-an peserta ini berlangsung dengan sangat menarik. Acara pertama yang diawali dengan Materi pertama dengan judul Amanah yang diisi oleh Ustadz Zainal, diharapkan setiap kader mempunyai sifat ini karena tugasnya yang mulia sebagai Da’i. Walaupun terasa sulit tetapi usaha untuk mewujudkan akhlak tersebut mesti tetap dilaksanakan. Pada sesi terakhir materi, diadakan acara diskusi dan tanya jawab yang diikuti dengan sangat antusias oleh para peserta dan di akhiri dengan pegisian kuesioner.


Acara selanjutnya adalah materi kedua yang bertema Syumuliyatul Islam yang dibawakan oleh Ustadz Nur. yang menjelaskan tentang sempurnanya Islam sebagai Ad-Din (agama). Syumuliyah artinya ajaran Islam ini mencakup seluruh dimensi kehidupan manusia. Kehidupan manusia itu sebagai individu, sebagai anggota keluarga, masyarakat dan bahkan sebagai warga dunia. Seluruh aspek ini diperhatikan dalam Islam. Bahkan lebih dari itu tuntutannya sudah diberikan sehingga akan semakin merasakan betapa seluruh aspek kehidupan ini memiliki tuntutan untuk menjadikannya sebagai seorang manusia yang utuh.

Tidaklah mengherankan apabila seluruh ajaran Islam ini menyentuh bidang kehidupan kita sehari-hari. Apakah Anda seorang ekonomi atau pedagang, maka ada tuntutan yang mulia mengenai bidang kehidupan ini. Demikian juga di bidang hukum politik, keamanan, lingkungan, pendidikan dan bahkan militer. Islam merupakan sebuah Din yang menyentuh semua aspek kehidupan.

“Dan Kami tidak mengutus kamu, melainkan kepada seluruh umat manusia seluruhnya sebagai pembawa berita gembira dan sebagai pemberi peringatan, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.” (QS: 34: 28)

Sungguh sebuah misi bagi seluruh umat manusia yang akan memberikan kebahagiaan sejati.

Usai materi Syumuliyatul Islam dilanjutkan dengan materi terakhir yakni Penyakit-penyakit dalam Dakwah, dalam materi ini diuraikan bahwa penyakit dalam dakwah diantaranya adalah infirodiyah yaitu bertindak sendirian dalam aktifitas dakwah. dakwah dengan infirodi ini sangatlah tidak menguntungkan dalam menegakkan amar makruf nahi munkar, karena kemungkaran yang dikelola dengan baik akan mengalahkan kesholihan yang tidak terorganisir dengan baik. jadi dakwah harus dilakukan dengan amal jama'i, dilakukan secara berjamaah, bersama-sama agar terciptanya dakwah yang sinergi dan tidak tambal sulam. dakwah yang sesuai dengan manhaj Rosulullah dan para sahabat. ANS

No comments

Powered by Blogger.